PENGARUH GAYA MENGAJAR DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

NURIL SILFIYANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dosen dan motivasi belajar secara parsial maupun simultan terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan ex post facto. Terdapat tiga variabel yaitu gaya mengajar dosen (X1), motivasi belajar (X2), dan prestasi akademik mahasiswa (Y). Sampel penelitan berjumlah 185 responden yang seluruhnya merupakan mahasiswa aktif Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya yang tersebar dari angkatan 2014 - 2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, observasi dan studi dokumentasi. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, analisis uji F, analisis uji T, dan uji residual. Analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik menggunakan software Winstep dan SPSS (Statistical Program Smart Solution) Ver.21.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel gaya mengajar dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Demikian halnya dengan variabel motivasi belajar yang juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Selanjutnya, secara simultan, gaya mengajar dosen dan motivasi belajar secara bersama – sama berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dengan pengaruh sebesar 36,9 %.
Kata kunci: gaya mengajar dosen, motivasi belajar, prestasi akademik mahasiswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.