STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEDIA PESERTA DIDIK DI SMA AL HIKMAH SURABAYA

LAILA NISWATIN

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi sekolah dalam memberikan pengetahuan, menanamkan sikap mental pemanfaatan media, serta membekali peserta didik agar mampu mengevaluasi layanan dan informasi media yang bernilai edukatif di SMA Al Hikmah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan melalui uji kredibilitas meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan membercheck; transferabilitas penyajian hasil penelitian dilakukan secara rinci, jelas, sistematis, dan dapat dipercaya; dependabilitas melalui audit oleh dosen pembimbing; serta uji konfirmabilitas. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi sekolah dalam memberikan pengetahuan dan menanamkan sikap mental pemanfaatan media kepada peserta didik meliputi: 1) menanamkan basic skill baca-tulis; 2) memberikan pembekalan, pengarahan, dan motivasi agar mengetahui batasan-batasan dalam memanfaatkan media serta memiliki keinginan untuk terus mengembangkan potensinya di bidang literasi media; 3) menerapkan metode pendidikan pemakai. Strategi dalam membekali peserta didik agar mampu mengevaluasi layanan dan informasi media yang bernilai edukatif ditempuh melalui: 1) Menciptakan inovasi belajar dan project-project yang terintegrasi dengan media, seperti Pantunesia, Anotasi, dan e-learning; 2) memberikan masukan dan komentar sebagai bentuk apresiasi terhadap umpan balik kegiatan mengkritisi pesan media; 3) perpustakaan SMA Al Hikmah memberikan layanan perpustakaan berbasis literasi media, dan fasilitas ruang audio-visual.

Kata kunci: strategi, peserta didik, literasi media, literasi media peserta didik

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.