Pengaruh Program Literasi terhadap Minat Baca dan Tulis Siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Lakarsantri Surabaya

CANDRA APRILIA PUSPITADEWI, ERNY ROESMININGSIH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program Literasi Terhadap Minat Siswa SMP di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Selain itu tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh program literasi terhadap minat menulis siswa di Kecamatan Lakarsantri Surabaaya.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Program Literasi (X), Minat Baca (Y1) dan Minat Menulis (Y2). Populasi dari penelitian ini berjumlah 710 yang berasal dari kelas 8 dengan sampel berjumlah 256 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket / kuesioner dengan menggunakan skala likert. Uji analisis data menggunakan regresi sederhana dan analisis uji T untuk menjawab hipotesis.

Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa nilai signifikan Program Literasi (X) terhadap minat baca (Y1 ) adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai signifikansi Program Literasi (X) terhadap minat menulis (Y2 ) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis data adalah bahwa program literasi berpengaruh positif terhadap minat baca siswa sebesar 2,160 dan Program literasi berpengaruh positif terhadap minat menulis sebesar 0,525.

Kata Kunci : Program Literasi, Minat Baca, Minat Tulis






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.