Implementasi Layanan Khusus Bimbingan Konseling GO SNMPTN di SMAN 11 Surabaya

ESA AINUR PRAMONO, SYUNU TRIHANTOYO

Abstract


ABSTRAK

IMPLEMENTASI LAYANAN KHUSUS BIMBINGAN KONSELING GO SNMPTN DI SMAN 11 SURABAYA

Nama : Esa Ainur Pramono

NIM : 13010714051

Jurusan : S1- Manajemen Pendidikan

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Syunu Trihantoyo, M.Pd.

Layanan khusus merupakan salah satu aspek yang wajib diberikan oleh setiap lembaga pendidikan kepada peserta didiknya. Salah satu contoh dalam layanan khusus adalah adanya layanan bimbingan konseling. Pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan karir sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, perkembangan dan potensi serta peluang-peluang yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis; 1) Proses Layanan Khusus Bimbingan Konseling GO SNMPTN di SMAN 11 Surabaya dan 2) Kendala dan upaya dalam proses layanan khusus bimbingan konseling GO SNMPTN di SMAN 11 Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengkondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transfermabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa pertama, layanan GO SNMPTN ini dibuat dengan tujuan untuk membantu siswa dalam perencanaan studi lanjutnya agar tepat sesuai dengan kemampuan dan dapat lolos dalam jalur SNMPTN, Terdapat program pendukung untuk menunjang jalannya layanan GO SNMPTN seperti tes psikologi, tes APDS (Analisis Potensi Daya Saing), Campuss Expo, bimbingan belajar, pendampingan spiritual (sholat dhuha dan istighosah), Simulasi layanan GO SNMPTN dilaksanakan sebanyak dua kali dan dilakukan setelah mengetahui 50% siswa yang lolos untuk mengikuti seleksi SNMPTN dari pusat. Layanan GO SNMPTN ini dapat memberikan dua manfaat yaitu sebagai perencanaan studi lanjut sekaligus membantu memberikan gambaran karir bagi siswa ke depannya.

Kedua, kendala yang sering terjadi adalah pada siswa itu sendiri karena kebingungan dalam memilih maupun memutuskan serta perselisihan dengan teman yang memilih jurusan yang sama, sedangkan kendala secara teknis layanan aplikasi GO SNMPTN hampir tidak ada karena pihak sekolah terus melakukan upgrade fitur setiap tahunnya disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jaman. Upaya utama dalam layanan ini adalah membangun jalinan komunikasi yang kuat antar guru, siswa dan orang tua serta bekerja sama dengan alumni. Bentuk evaluasi dari tim SNMPTN cukup melihat hasil statistik simulasi anak-anak pada aplikasi GO SNMPTN.

Kata kunci : Layanan Khusus Bimbingan Konseling, Perencanaan Studi Lanjut, Aplikasi GO SNMPTN.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.