PENGARUH MANAJEMEN HUMAS DAN CITRA SEKOLAH TERHADAP MINAT ORANG TUA DI SUB RAYON 34 SURABAYA

NUR HANINA ALIFIAH, ERNY ROESMININGSIH

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh manajemen humas terhadap minat orang tua di Sub Rayon 34 Surabaya, pengaruh citra sekolah terhadap minat orang tua di Sub Rayon 34 Surabaya, dan pengaruh manajemen humas dan citra sekolah terhadap manajemen humas di Sub Rayon 34 Surabaya.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan rancangan penelitian kausal komparatif atau ex post facto. Dengan sampel penelitian berjumlah 169 responden yaitu seluruh orang tua/wali murid siswa/siswi di SMP Al Fatah dan SMP Muhammadiyah 17 Plus Surabaya. Data hasil penelitian di analisis menggunakan program spss 21,0.

Berdasarkan hasil analisis data pada uji T variabel manajemen humas secara parsial berpengaruh variabel minat orang tua sebesar 0.002, serta variabel citra sekolah secara parsial berpengaruh terhadap variabel minat orang tua sebesar 0,001. Pada uji F variabel manajemen humas dan citra sekolah secara simultan berpengaruh terhadap variabel minat orang tua sebesar 15,4%. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa untuk menarik minat orang tua sekolah mampu mempertahankan kinerja humas dalam memperkenalkan sekolah, melaksanakan kerjasama dan menjaga komunikasi serta meningkatkan citra posistif sekolah maka dengan begitu orang tua akan memberikan kepercayaan kepada sekolah dan mampu menarik minat orang tua.

Kata Kunci : Manajemen Humas, Citra Sekolah, Minat Orang Tua


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.