PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI SE-KOTA MOJOKERTO

WINDHA YULYANA

Abstract


 


 


Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara supervisi kepala sekolah dan disiplin kerja guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMA Negeri Se-Kota Mojokerto.


Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, yang terdapat tiga variabel yaitu supervisi kepala sekolah (X1) dan disiplin kerja guru (X2) serta kinerja guru (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri Se-Kota Mojokerto yang berjumlah 184 guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket tertutup dengan menggunakan skala likert. Proses pengolahan data menggunakan regresi linier sederhana, untuk mengetahui pengaruh secara sendiri-sendiri dan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dengan taraf signifikan 5%.


Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut: (1) tingkat supervisi kepala sekolah termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata 93,5%, (2) tingkat disiplin kerja guru termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata 94,8%, (3) tingkat kinerja guru termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata 98,1%, (4) supervisi kepala sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan taraf signifikan 0,000 (p < 0,05) serta supervisi kepala sekolah (X1) berkontribusi terhadap kinerja guru (Y) sebesar 52,3%, (5) disiplin kerja guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan taraf signifikan 0,000 (p < 0,05) serta disiplin kerja guru (X2) berkontribusi terhadap variabel kinerja guru (Y) sebesar 56,9%, (6) supervisi kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan taraf signifikan 0,000 (p < 0,05) serta supervisi kepala sekolah (X1) dan disiplin kerja guru (X2) secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru (Y) sebesar 66,6%. Rekomendasi saran untuk pihak yang terkait dalam penelitian ini adalah melibatkan guru dalam menyusun program supervisi, melaksanakan program supervisi non klinis, datang tepat waktu, lebih mengoperasionalkan item kuesioner pada sub indikator disiplin terhadap waktu.


 


Kata kunci: supervisi kepala sekolah, disiplin kerja guru, kinerja guru


 


 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.