MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS LIFE SKILLS (STUDI KASUS DI MAN LAMONGAN)

ULA MAUIDHOTUL HASANAH

Abstract


 


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fokus penelitian yang meliputi: (1) Perencanaan kurikulum berbasis life skills di MAN Lamongan, (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis life skills di MAN Lamongan, dan (3) Evaluasi kurikulum berbasis life skills di MAN Lamongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara mendalam dengan informan, observasi dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri. Analisis data dilakukan dengan cara: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan (1) kredibilitas melalui triangulasi sumber, (2) transferabilitas, (3) dependabilitas, dan (4) konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam melakukan perencanaan kurikulum berbasis life skills, MAN Lamongan selalu memperhatikan pedoman kurikulum dari pemerintah, keadaan sumberdaya madrasah, kebutuhan masyarakat dan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI), kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran, serta hasil evaluasi kurikulum sebelumnya. (2) pelaksanaan kurikulum berbasis life skills di MAN Lamongan diwujudkan dalam bentuk kegiatan pembelajaran, pengembangan diri, dan pembiasaan diri yang terintegrasi dengan pendidikan karakter, pendidikan lingkungan hidup, dan kewirausahaan. (3) evaluasi kurikulum berbasis life skills di MAN Lamongan dilakukan dengan mereview kembali pelaksanaan melalui evaluasi pembelajaran dan evaluasi program kurikulum selama 1 tahun periode.


Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Life Skills, Madrasah Aliyah


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.