Pengadaan Guru yang Bermutu di SMA Al Hikmah Surabaya

INDAH EKA WAHYUNINGRUM

Abstract


 


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses rekrutmen guru, orientasi guru baru dan peran yayasan dalam pengadaan guru yang bermutu di SMA Al Hikmah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, data dianalisis dengan melakukan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Untuk meningkatkan kepercayaan hasil penelitian maka dilakukan pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas.


Hasil dari penelitian ini yaitu 1) proses rekrutmen guru di SMA Al Hikmah Surabaya adalah kegiatan menarik para calon guru untuk melamar dengan cara membuka lowongan guru, kemudian melakukan seleksi administrasi, tes wawancara, tes praktek mengajar dan tes tulis, tes psikologi dan diakhiri dengan keputusan diterima atau ditolak, 2) proses orientasi guru baru di SMA Al Hikmah Surabaya adalah kegiatan pengenalan terhadap sekolah dan yayasan yang dilakukan dengan cara mengadakan pelatihan guru baru, untuk mengenalkan visi misi, guru sebagai murrobi, profesionalisme guru, pengembagan guru dan diakhiri dengan pembuatan laporan hasil pelatihan oleh semua guru baru, dan 3) Peran yayasan dalam rekrutmen adalah membuka lowongan guru, melakukan seleksi administrasi, melakukan tes wawancara, melakukan tes psikologi dan membuat keputusan yang diterima menjadi guru di SMA Al Hikmah Surabaya. Peran yayasan dalam orientasi guru baru adalah menyelenggarakan pelatihan untuk guru baru dan menerima laporan hasil pelatihan dari semua peserta pelatihan.


Kata Kunci: pengadaan guru, rekrutmen guru, orientasi guru baru.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.