Kompetensi Pedagogik Guru di Taman Kanak-kanak Labschool Unesa

LENI NUR WAHYUNI

Abstract


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru di Taman Kanak-kanak Labschool Unesa, karena data yang ada berdasarkan hasil Ujian Kompetensi Guru Taman Kanak-kanak di Kota Surabaya menyebutkan bahwa hanya 10 orang yang dinyatakan lulus dari 779 peserta dan data dari Bappeda menyebutkan bahwa banyak guru PAUD yang belum menempuh pendidikan sarjana. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, desain penelitian fenomenologi serta teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah, wawancara, observasi serta studi dokumentasi.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di Taman Kanak-kanak Labschool Unesa dalam menjalankan tugas sebagai pendidik untuk memahami anak didik, melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta pengembangan anak didik semuanya itu disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan tiap anak didik agar potensi yang dimiliki oleh anak didik dapat berkembang secara optimal.


Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang penting sebagai kompetensi yang esensial dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan anak didik yang berkualitas, sehingga setiap guru terutama guru di Taman Kanak-kanak Labschool Unesa juga berusaha untuk menerapkan secara maksimal dari kompetensi tersebut.


Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Taman Kanak-Kanak


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.