Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Pendidikan Di SMP Ta’miriyah Surabaya

HENNY SUMARNI

Abstract


 


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan hubungan masyarakat dalam upaya peningkatan pencitraan  pendidikan di SMP Ta’miriyah Surabaya, (2) Pelaksanaan hubungan masyarakat dalam upaya peningkatan pencitraan  pendidikan di SMP Ta’miriyah Surabaya, (3) Evaluasi hubungan masyarakat dalam upaya peningkatan pencitraan pendidikan di SMP Ta’miriyah Surabaya.


Penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis data interaktif.


Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan manajemen hubungan masyarakat dalam upaya peningkatan pencitraan di SMP Ta’miriyah surabaya meliputi: (a) rencana program kegiatan kehumasan di SMP Ta’miriyah Surabaya dilaksanakan dengan mengadakan rapat tahunan, (b) perencanaan dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya, (c) komite sekolah menjadi badan pertimbangan sekolah dalam melaksanakan kegiatan, (d) dengan kegiatan yang positif, maka masyarakat juga memiliki pandangan/citra yang baik kepada sekolah, dan (e) peningkatan pencitraan dengan cara pengembangan fungsi humas. (2) pelaksanaan manajemen hubungan masyarakat dalam upaya peningkatan pencitraan di SMP Ta’miriyah surabaya meliputi: (a) pelaksanaan kegiatan humas di sekolah melibatkan orang tua, komite sekolah, masyarakat dan instansi terkait, (b) adanya partisipasi masyarakat terhadap kegiatan sekolah, (c) SMP Ta’miriyah Surabaya menggunakan berbagai macam media mulai dari media cetak dan media elektronik dalam kegiatan kehumasan, dan (d) sekolah menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat diluar sekolah. Dan (3) Evaluasi hubungan masyarakat dalam upaya peningkatan pencitraan di SMP Ta’miriyah Surabaya yang meliputi: (a) kepala sekolah terjun langsung dalam memantau kegiatan sekolah, (b) setelah 1 tahun kegiatan dilaksanakan, maka tuhas seorang humas adalah membuat laporan hasil kegiatan sekolah selama 1 tahun, (c) sekolah memilih seseorang yang sesuai kriteria untuk menjadi seorang humas, (d) terdapat faktor-faktor yang membuat suatu kegiatan berhasil dilaksanakan adalah komunikasi yang baik serta materi kegiatan yang matang yang dimiliki oleh humas.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.