Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning (M-Learning) pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Cerme

ANGGRAENI WIDYA PURWITA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning (m-learning) pada mata pelajaran sistem komputer kelas X Multimedia SMKN 1 Cerme. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R &D)) dari Borg and Gall. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif merupakan data hasil wawancara dari ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran yang hasilnya menyimpulkan bahwa media pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil review ahli media dengan perolehan prosentase 81,86% yang juga dikategorikan sangat baik. Didukung dengan soal tes yang telah direview oleh ahli materi dengan prosentase 83,33% dan RPP yang telah direview oleh ahli pembelajaran dengan prosentase 87,5%, yang masing – masing dikategorikan sangat baik. Sehingga pada hasil nilai pre-test dan post-test yang dilakukan pada kelas X Multimedia menggunakan rumus t-test, thitung sebesar 8,28 yang kemudian dicocokkan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikansi sebesar 5%, maka didapat derajat pembagi (df) = N (31-1) = 30 didapatkan ttabel = 1,697. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (8,28 > 1,697) sehingga media pembelajaran berbasis mobile learning (m-learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Respon siswa yang dianalisi melalui angket respon siswa mendapatkan prosentase 89,35% yang dikategorikan sangat positif terhadap pembelajaran berbasis mobile learning (m-learning) pada mata pelajaran sistem komputer kelas X Multimedia SMKN 1 Cerme.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.