Pengembangan Konten Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Learnboost Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar   Di Smk Negeri 3 Jombang

LINDA AYU LUTFIANA

Abstract


Pada saat Program Pengelolaan Pembelajaran atau PPP di SMK Negeri 3 Jombang diperoleh informasi mengenai media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu pembelajaran pada mata pelajaran Pemrograman Dasar masih menggunakan power point. Sehingga dibutuhkan suatu media yang dapat memudahkan siswa dalam menerima materi pelajaran dan menumbuhkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) menjelaskan langkah-langkah penyusunan konten media pembelajaran e-learning berbasis learnboost pada mata pelajaran Pemrograman Dasar, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan konten media pembelajaran e-learning berbasis learnboost dengan yang tidak menggunakan konten media pembelajaran e-learning berbasis learnboost pada mata pelajaran Pemrograman Dasar, (3) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan pada mata pelajaran Pemrograman Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan hanya pada tahap uji coba produk. Desain penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah Posstest-Only Control Group Desain, sehingga perlakuan treatment menggunakan konten media pembelajaran e-learning berbasis learnboost hanya dilakukan pada satu di SMK Negeri 3 Jombang yaitu kelas X TKJ B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) konten media pembelajaran e-learning yang terdapat pada learnboost adalah PDF, PPT (Power Point) dan Video (Video Animasi) (2)  hasil belajar siswa kelas X TKJ B lebih baik dari hasil belajar siswa Kelas X TKJ A dengan rata-rata kelas X TKJ B sebesar 82.94 dan kelas X TKJ A sebesar 75.00, (3) kelayakan media diperoleh dari hasil angket validasi dan respon siswa dengan hasil 90.59 yang termasuk dalam rentang nilai 81%-100% dengan kriteria sangat baik.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.