Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Simulasi Pada Mata Pelajaran Perkaitan Komputer Untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Surabaya

MIRA JUWITA EVA DISTYASA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis simulasi pada mata pelajaran perakitan komputer dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis simulasi lebih baik dari pada siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis simulasi. Penelitian mengacu pada model Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas X MM SMK N 3 Surabaya yang terdiri dari 2 kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data diambil menggunakan menggunakan wawancara, angket dan tes. Desain uji coba yang digunakan yaitu Quasi eksperimen posttest only control group design. Temuan hasil penelitian yakni Media Pembelajaran Berbasis Simulasi, media pembelajaran berkategori layak digunakan dalam pembelajaran dengan nilai presentase 80.9%. Respon siswa setelah menggunakan Media Pembelajaran berkategori sangat baik dengan nilai presentase 83.44% . Siswa yang diajarkan menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Simulasi atau kelas eksperimen memiliki hasil belajar dengan nilai rata-rata 80.00 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 76.50 Pada penelitian berikutnya diharapkan media pembelajaran dapat memuat simulasi yang lebih kompleks lagi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.