Pengembangan Game Edukasi Interaktif pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Kelas XI di SMK Negeri 1 Surabaya

MUHAMMAD NUR ARIF

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran game edukasi  interaktif pada mata pelajaran komposisi foto digital, dan untuk mengetahui kelayakan game edukasi tersebut sebagai sebuah media pembelajaran, serta mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan game edukasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluate). Tahapan dalam proses ini adalah tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk mengetahui kelayakan media, peneliti menggunakan validasi ahli materi dan ahli media. Setelah dilakukan validasi dan media memenuhi kriteria layak, baru dilakukan pengujian terhadap siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas Multimedia 2 SMK Negeri 1 Surabaya dengan melibatkan 44 siswa. Peneliti menggunakan teknik analisis data uji kriteria ketuntasan belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil validasi dari 3 validator menyatakan bahwa kelayakan media pembelajaran game edukasi 68,3%, kelayakan soal sebesar 73% dan kelayakan RPP sebesar 78,1% sedangkan hasil belajar siswa setelah dilakukan post test diperoleh hasil sebesar 65,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi interaktif pada mata pelajaran komposisi digital ini layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Untuk pengembangan lebih lanjut peneliti menyarankan agar menambahkan contoh dan video tutorial serta bisa digunakan di semua pelajaran.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game Edukasi, Kelayakan Media, Hasil Belajar Siswa, Research and Development.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.