Pengembangan Media Pembelajaran Jaringan Komputer Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smk Antartika Surabaya

ADRIAN YOGIE PRANATA WIJAYA

Abstract


SMK Antartika Surabaya merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Metode konvensional merupakan metode pembelajaran secara ceramah yang biasa digunakan oleh guru dikelas untuk menyampaikan materi ajar kepada siswa, kemudian siswa hanya mendengarkan dan menyimak. Siswa cenderung merasa jenuh, sehingga mengurangi konsentrasi belajar mereka dan tidak fokus terhadap materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil survey dan wawancara dengan ketua jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang juga merupakan sebagai guru dari mata pelajaran jaringan komputer di SMK Antartika Surabaya dapat disimpulkan bahwa, siswa kelas XI masih belum paham tentang mata pelajaran jaringan komputer.Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis android yang layak digunakan untuk program studi teknik komputer dan jaringan pada mata pelajaran rancang bangun jaringan kelas XI di SMK Antartika Surabaya, (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis android dan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Antartika Surabaya. Sampel pengambilan data menggunakan sebanyak 2 kelas yaitu, kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan XI TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan teknik analisis data uji-t dua pihak untuk mengetahui hasil belajar kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Android mendapatkan hasil rating rata-rata sebesar 88%, sehingga media pembelajaran berbasis Android dikategorikan sangat baik. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara Prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Android dengan rata-rata sebesar 82 dan prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Android dengan rata-rata hasil belajar sebesar 76.



Kata kunci : Android, Hasil Belajar Siswa, Media pembelajaran, Penelitian dan Pengembangan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.