Pengembangan Ujian Online Berbasis Bank Soal pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Surabaya

FITRA AMY RACHMANINGRUM

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dan siswa dalam penyelenggaraan ujian. Dalam pelaksanaan ujian masih menggunakan metode konvensional yang memerlukan waktu dan tenaga yang cukup banyak.  Peranan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang secara pesat salah satunya melalui jaringan internet, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Studi yang dilakukan pada penelitian ini, membuat ujian online berbasis bank soal. Selain itu, guru dapat mengunggah soal-soal yang dimiliki untuk melakukan tes online bagi siswanya. Dalam sistem ini akan menyajikan nilai atau skor yang dapat dilihat langsung setelah siswa menyelesaikan ujian.


Jenis penelitian yang digunakan pengembangan berdasarkan model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Dengan batasan 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian yaitu 36 orang siswa. Secara umum menurut para ahli validasi bahwa ujian online berbasis bank soal ini sudah sangat baik. Kemudian untuk validasi butir soal mendapat kualifikasi sangat baik.


Hasil angket uji coba yang dilakukan, diperoleh kualifikasi baik. Dengan diperolehnya presentase tersebut menunjukkan bahwa siswa dapat menggunakan ujian online berbasis bank soal dengan mudah.


Kata Kunci : Ujian Online,  Hasil Respon Siswa, Model Empat-D


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.