Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 1 Jatirejo.

Febri Riza Fazain

Abstract


Abstrak


Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis website pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 1 Jatirejo.(2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Websitedan yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Website pada mata pelajaran pemrograman dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi sampai pada tahap ke-enam (Uji Coba Produk). Data diperoleh dari 4 Validator dan 61 siswa sebagai sample penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, uji validitas instrument dan tes. Hasil pengujian kelayakan media dilakukan oleh empat validator ahli terdiri dari dua validator ahli materi dan dua validator ahli media menghasilkan perhitungan sebesar 93,41% dapat dilihat pada tabel 4 dengan kategori “Sangat Valid”. Sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil nilai t hitung sebesar -5,253 dan nilai t tabel dengan df (degree of freedom)  59 adalah 2,001 sehingga t hitung < t tabel sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.


 


Kata kunci: media pembelajaran interaktif, website, hasil belajar siswa, pemrograman dasar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.