Pengembangan Panduan Layanan Daftar Ulang Mahasiswa Baru Unesa Berbasis Animasi 2d Menggunakan Videoscribe

Muhammad Iqbal

Abstract


Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara berurutan dengan jumlah yang banyak, bila diproyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti film – film kartun di televisi maupun dilayar lebar jadi Animasi dapat disimpulkan sebagai menghidupkan benda diam yang diproyeksikan menjadi bergerak. Menurut Mayer dan Moreno (Utami:2011) animasi memiliki 3 fitur utama: (a) gambar – animasi merupakan sebuah penggambaran; (b) gerakan–animasi menggambarkan sebuah pergerakan; (c) simulasi–animasi terdiri atas objek-objek yang dibuat dengan digambar atau metode simulasi lain. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development atau R & D). Tujuan penggunaan metode R & D dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan memvalidasi animasi 2D pada mahasiswa baru UNESA jalur SPMB. Diperoleh hasil validasi media dengan nilai rata-rata 3,9 Jika dicocokkan dengan tabel pedoman rerata skor penilaian (Widoyoko,2012:112) maka menunjukkan media film berbasis animasi 2D ini layak digunakan dengan klasifikasi Layak. Hasil validasi angket pemahaman alur daftar ulang dengan nilai 90%. Jika dicocokkan dengan tabel pedoman rerata skor penilaian (Riduan,2015) maka menunjukkan bahwa angket pemahaman alur daftar ulang layak digunakan dengan klasifikasi Sangat Valid. Hasil pengembangan tentang pemahaman alur daftar ulang menggunakan animasi menunjukkan perolehan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan animasi. Dengan nilai rata-rata menggunakan animasi sebesar 85,68 dan yang tidak memakai media animasi mendapatkan rata-rata sebesar 41,53. Karena nilai signifikasinya atau P-Value diatas diperoleh 0,770 yang artinya nilai signifikansi < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.


Kata Kunci: Media Panduan Layanan , Animasi 2d, Hasil Perbandingan Pemahaman Mahasiswa Baru, Proses Daftar Ulang.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.