Analisis Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Dengan Berbantu Media Audio Visual Videoscribe dalam Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X SMK Unitomo Surabaya

Akhmad Danil Miqdad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan berbantu media videoscribe. Rumusan masalahnya adalah: (1) Mengetahui kelayakan model pembelajaran berbasis project based learning dengan berbantu media audio visual videoscribe dalam pembelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X SMK Unitomo Surabaya (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis project based learning dengan berbantu media audio visual videoscribe dalam pembelajaran komputer dan jaringan dasar. Media pembelajaran yang digunakan adalah Sparkol Videoscribe. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Unitomo Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang dilakukan antara lain: (1) Penilaian validasi untuk mengetahui kelayakan perangkat dan media pembelajaran; (2) Hasil belajar, apakah terdapat peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui posttest; (3) Respon siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan berbantu videoscribe melalui angket. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) perangkat dan media pembelajaran yang dibuat layak digunakan untuk kebutuhan penelitian dengan rata-rata sebesar 83,7% dalam kategori layak; (2) terdapat respon yang positif dari siswa terhadap model pembelajaran dan media videoscribe dengan presentase sebesar 88,91% dan siswa juga mendapatkan hasil belajar yang sangat baik dengan presentase 90 % nilai siswa berada di atas nilai minimal dari sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dengan berbantu media videoscribe layak dan memberikan hasil yang baik bagi siswa kelas X TKJ SMK Unitomo Surabaya. Diharapkan hasil pengembangan model pembelajaran selanjutnya lebih inovatif lagi , agar siswa bisa lebih banyak belajar dari contoh kasus atau proyek yang ada dalam dunia kerja.


Kata Kunci : PJBL, Videoscribe, Hasil Belajar, Respon Siswa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.