Modul Pembelajaran Virtual LAN pada Cisco Packet Tracer untuk Meningkatkan Kompetensi Psikomotorik Siswa di SMK YPM 1 Taman

TAUFIQ PANDU AMPRILIAMBUDI

Abstract


Hasil pra penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif, prosentase nilai siswa dengan predikat C: 50% dan D: 17,5%. Begitupun pada ranah psikomotor, prosentase nilai siswa dengan predikat C: 30% dan D: 37,5% dari 40 siswa/siswi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya untuk kompetensi psikomotorik dengan menggunakan modul pembelajaran Virtual LAN. Subjek pada penelitian ini adalah siswa/siswi SMK YPM 1 Taman kelas XI TKJ yang menempuh mata pelajaran Teknologi Infrastruktur Jaringan. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan desain True Experimental Design dalam bentuk Posttest Only Control Design. Metode ini menggunakan dua kelompok yang dipilih secara acak menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol tidak diberikan treatment, sedangkan kelompok eksperimen diberikan treatment. Berdasarkan data dari hasil angket respon dengan responden berjumlah 40 siswa/siswi yang telah menggunakan modul pembelajaran Virtual LAN sebagai media evaluasi pembelajaran dan dapat diketahui total hasil rating dari rata-rata butir pernyataan positif dan negatif sebesar 76%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran Virtual LAN sebagai media evaluasi pembelajaran dinilai baik sebagai media evaluasi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari uji hipotesis, rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol sebesar 71,50 dan kelas eksperimen sebesar 76,80. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar khususnya untuk kompetensi psikomotorik pada materi Virtual LAN dengan menggunakan modul pembelajaran Virtual LAN memperoleh hasil belajar yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan modul pembelajaran Virtual LAN.



Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Virtual LAN, Cisco Packet Tracer, Psikomotorik, Respon.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.