Pengembangan Media Pembelajaran “Gym Ball Indonesia” Di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya

MUHAMMAD NUGROHO

Abstract


Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) Membuat media pembela-jaran dalam bentuk aplikasi android untuk pelajaran Gym ball di fakultas ilmu keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. (2) Membuat media pembelajaran dalam bentuk aplikasi android yang valid. (3) Mengetahui respon mahasiswa terhadap media pembelajaran aplikasi gym ball Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan produk yaitu metode pengembangan Agile yang da-lam penerapannya menggunakan model scrum. Data yang diperoleh dari 5 validator dan 27 mahasiswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket atau kuesioner. Hasil validasi materi mendapatkan nilai dengan klasifikasi Sangat Valid. Hasil validasi media mendapatkan nilai dengan klasifikasi Sangat Valid. Hasil responden mendapatkan nilai dengan klasifikasi Sangat Valid. Media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi fitness gym ball dalam penelitian ini dapat diterima dengan baik dan mempermudah memahami materi pembelajaran.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Metode Pengembangan Scrum, Gym Ball


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.