Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Bhakti Mulia Pare

VIOLIETA AGUSTININGRUM

Abstract


Pengembangan media pembelajaran berbasis web ini dikarenakan kurangnya pemanfaatan media di sekolah, rendahnya kualitas belajar siswa, dan proses mengajar yang masih mengunakan cara lama. Sehingga penulis mengembangkan media guna membantu guru dan siswa dalam pemecahan masalah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Pemrograman Web untuk kelas X RPL di SMK Bhakti Mulia Pare dan mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis web lebih baik daripada sebelum mengunakan media pembelajaran berbasis web. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan yang menggunakan model waterfall dengan desain penelitian pre-experimental bentuk One Group Pretest-Posttest. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang berjumlah 22 siswa di SMK Bhakti Mulia Pare. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi yang diperoleh dari 3 validator adalah validasi media pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 94% dengan kriteria hasil sangat baik, validasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mendapatkan persentase sebesar 91% dengan kriteria nilai sangat baik, dan validasi soal tes mendapatkan persentase sebesar 90% dengan kriteria nilai sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa dalam pretest – posttest dengan nilai rata-rata pretest sebesar 50,68 dan posttest sebesar 85,23. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai P-Value sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,05, artinya hasil belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis web lebih baik daripada sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis web.


Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Web, Model Waterfall, Hasil Validasi dan Hasil Belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.