Pengembangan Game Edukasi Bertipe Role Playing Game (RPG) pada Mata Pelajaran Desain Multimedia di SMK Negeri 1 Jombang

Windy Rahmadia Pradanita

Abstract


Bidang teknologi yang semakin berkembang sekarang adalah game. Game merupakan sebuah hiburan elektronik berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasan batin. Oleh karena itu peneliti membuat game edukasi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran desain multimedia kelas XI SMK. Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kelayakan game edukasi bertipe Role Playing Game (RPG) sebagai media pembelajaran? (2) Apakah game edukasi bertipe Role Playing Game (RPG) berpengaruh terhadap peningkatan nilai siswa? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari game edukasi yang dikembangkan dan pengaruhnya pada kenaikan nilai siswa pada mata pelajaran desain multimedia SMK kelas XI Multimedia. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Jombang dengan melibatkan 60 siswa yang terbagi menjadi kelas kontrol (yang tidak menggunakan game edukasi) dan kelas eksperimen (yang menggunakan game edukasi). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan uji coba produk menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dan tes. Kuisioner digunakan untuk mengetahui kelayakan game yang dikembangkan dan tes digunakan untuk mengetahui peningkatan nilai siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah game edukasi yang dikembangkan layak digunakan dan berpengaruh pada kenaikan nilai siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi perangkat dan game edukasi yang dikembangkan dan hasil dari nilai pretest dan posttest siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil validasi yang diperoleh adalah (1) validasi Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) memperoleh persentase sebesar 92% dengan kategori sangat valid. (2) validasi butir soal pilihan ganda memperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori sangat valid. (3) validasi butir soal uraian memperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori sangat valid. (4) validasi materi memperoleh persentase sebesar 89% dengan kategori sangat valid. (5) validasi media memperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat dan game edukasi yang dikembangkan layak digunakan. Hasil analisis nilai pretest siswa pada kelas kontrol sebesar 65,9 dan kelas eksperimen sebesar 62,2 dengan P-value yang didapat dari uji-t adalah 0,182. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa pada kedua kelas. Sedangkan nilai posttest siswa pada kelas kontrol sebesar 82,83 dan kelas eksperimen sebesar 88,43. Dengan P-value yang didapat dari uji-t adalah 0,001. Dengan demikian terdapat perbedaan kemampuan siswa pada kedua kelas. Saran yang diajukan peneliti adalah tampilan dari game dibuat dalam bentuk 3D agar lebih menarik minat siswa.


Kata Kunci : Game edukasi, game RPG, R&D, kelayakan media dan kenaikan nilai siswa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.