Modul Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Jaringan Nirkabel pada Materi Hotspot Mikrotik Berbasis Project Based Learning untuk Peningkatan Kompetensi Pengaturan (Konfigurasi) Mikrotik

Dionisius Enanta Samastabuana, Bambang Sujatmiko

Abstract


Pengajaran dan metode cara yang lama, tidak sesuai dengan kondisi pembelajaran peserta didik generasi Y. Pengajaran dengan metode ceramah, pembagian buku modul, referensi, dan memperagakan langkah – langkah dari suatu materi yang diberikan, kadang kala membuat siswa bosan dan tidak tertarik untuk memperhatikan. Generasi Y memiliki beberapa karakteristik seperti multitasking, dekat dengan teknologi terkini, lebih tertarik dengan belajar secara visual, senang dengan hiburan yang menarik, dan sangat kurang dalam membaca. Dengan latar belakang yang ada, dapat dikembangkan melalui modul pengembangan aplikasi suplemen media pembelajaran M-netsys yang dapat menunjang dan sesuai dengan karakteristik generasi Y. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengimplementasikan project based learning untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pengaturan (konfigurasi) hotspot pada MikroTik yang sesuai dengan karakteristik generasi Y, (2) mengetahui kelayakan aplikasi M-netsys melalui instrumen penilaian dari Walker & Hess untuk media dan RISTKDIKTI untuk materi dengan skala pengukuran menggunakan rating scale, (3) mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan aplikasi M-netsys dengan model penelitian eksperimen one-shot case study. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan strategi pengujian One-Shot Case Study dengan ketuntasan belajar minimal ≥ 3,0 atau B. Tahapan penelitian ini meliputi (1) Analisis potensi dan masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk (10) Produksi Masal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas Jaringan Nirkabel 2015 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 25. Hasil penelitian yang telah diperoleh yaitu : (1) Untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pengaturan (konfigurasi) hotspot pada MikroTik yang sesuai dengan karakteristik generasi Y dapat dilakukan dengan mengimplementasikan project based learning dalam proses pembelajaran melalui aplikasi suplemen media pembelajaran M-netsys. (2) Kelayakan materi pembelajaran M-netsys dengan instrumen penlitian dari RISTEKDIKTI dinyatakan sangat kuat dengan persentase sebesar 84,4%. Sedangkan, kevalidan media M-netsys melalui instrumen penilaian dari Walker & Hess dinyatakan sangat kuat dengan presentase 83,58%. (3) Hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan M-netsys sebanyak 25 mahasiswa tuntas dan dinyatakan tuntas secara klasikal dengan presentase 100%.

Kata Kunci: Pengembangan, Aplikasi, Media Pembelajaran, Project Based Learning, R & D, Jaringan Nirkabel

Refbacks

  • There are currently no refbacks.