PENGEMBANGAN GAME BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2D KELAS XI MM DI SMKN 1 KOTA MOJOKERTO

LUTFIA NINGTIAS, RINA HARIMURTI

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pra-penelitian kepada siswa jurusan multimedia yang tersebar di lima sekolah. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa setuju dengan pemanfaatan teknologi game sebagai salah satu inovasi media pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti membuat media Game based Learning berbasis flash untuk mendukung pembelajaran Animasi 2D. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana respon siswa terhadap media Game based Learning? (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan media Game based Learning? Metode penelitiannya adalah R&D dengan Model ADDIE. Terdapat lima tahapan pengembangan dalam model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data diperoleh dari 33 siswa kelas XI MM2 sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre experimental designs dengan bentuk One Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 84.85 sedangkan kelas kontrol adalah 73.82. Dari hasil uji two sample t-test didapatkan P-Value 0.000 dimana 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis menerima H1 atau yang berarti ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media konvensional (kelas kontrol) dengan siswa yang menggunakan media Game based Learning (kelas eksperimen). (2) Hasil rerata skor respon siswa adalah >2,5 s/d 3,25 dengan klasifikasi sikap setuju. Dapat disimpulkan mayoritas siswa setuju terhadap penggunaan media Game based Learning sebagai media pembelajaran pada materi prinsip dasar animasi.

Kata Kunci : Media Pembelajaran berbasis Flash, media Game based Learning, ADDIE, hasil belajar dan hasil respon siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.