Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMKN 2 Lamongan

NOVA SAIFUDIN, SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract


Abstrak

Komputer dan Jaringan Dasar adalah salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan pada siswa SMK kelas X, diperlukan media pembelajaran yang dapat membuat suasana pembelajaran lebih menarik dan memecahkan permasalahan siswa untuk tetap fokus terhadap materi pelajaran yang disampaikan. Penggunaan media belajar berbasis android diharapkan bisa meberikan respon yang baik terhadap aplikasi karena dengan adanya media belajar berbasis android ini siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja tidak terbatas hanya didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap aplikasi dan perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis android dengan yang tidak menggunakannya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan bentuk desain one group pretest posttest design. Metode pengembangan yang digunakan adalah menggunakan metode ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Lamongan dengan siswa kelas X TKJ 1. Hasil penelitian ini menunjukkan dari hasil Uji-T Paired didapat P-Value sebesar 0.015 dimana P-Value 0.015 dibawah 0.05. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis android dan sesudah penggunaan media pembelajaran berbasis android. Selanjutnya adalah analisis data respon, angket respon ini ditujukan kepada siswa untuk mengetahui keinginan untuk menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan data yang telah dianalisa menggunakan SPSS, hasil dari Uji F menunjukkan nilai tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa aspek Ergonomy, aspek Perceided Easy of Use (PEOU), aspek Perceived Usefulness (PU) dan aspek Perceived Enjoyment (PE) berpengaruh positif terhadap Intention to Use (INT).

Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis Android, Hasil Belajar, Respon Siswa.

Abstract

The basic computer and network is one of the major subject in the vocational school for class X students, required a learning media that can make learning process more interesting and solve the problems of students to stay focus against the learning process. Android-based learning media hopefully can give a great responses against the application because the existence of this android-based learning media, students can learn anywhere and anytime not limited only in the classroom. This study aims to know the difference between a class that learning using the android-based media with another class that does not use it. The study approach uses quantitative research with One Group Pretest Posttest Design. The study uses the ADDIE method. The research subjects are class X students in SMKN 2 Lamongan.The results of this study showed that From the results of Paired Test-T obtained P-Value of 0.015 0.015 where P-Value under 0.05. Thus it was concluded that difference between learning outcomes students before using the android-based learning media and after using the android-based learning media. Further analysis of the data is the response, this response questionnaire addressed to the students to know the desire to use the medium of learning. Based on the data that has been analyzed using the SPSS, the results of Test F shows the value of a significance level of 0.000 <0.05, it can be concluded that this aspect of ergonomy, the aspect Perceided Easy of Use (PEOU), aspects of Perceived Usefulness (PU) and Perceived aspect Enjoyment (PE) has positive influence on Intention to Use (INT).

Keywords: The Android-Based Learning Media, Learning Outcomes, Student Responses.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.