PENGEMBANGAN GAME “TeKeJe” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 3 BUDURAN SIDOARJO

RIZMA TRI ARIYANI, MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan game “TeKaJe” sebagai media pembelajaran interaktif dengan siswa yang tidak menggunakan game “TeKaJe” (2) mengetahui respon siswa terhadap game “TeKaJe” sebagai media pembelajaran interaktif. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Static Group Comparison dan menggunakan metode penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan sampel siswa kelas X TKJ 1 (kelas kontrol) dan siswa kelas X TKJ 2 (kelas eksperimen) di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Analisis data yang digunakan adalah metode Two Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata dari kelas kontrol X TKJ 1 adalah 81,89 dan nilai rata-rata kelas eksperimen X TKJ 2 adalah 86. Dari hasil data di atas menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen X TKJ 2 lebih tinggi dari pada kelas kontrol X TKJ 1 dengan selisih 4,11. Hasil nilai t hitung sebesar -2,07 pada degree of freedom (df) 70 dengan P-Value sebesar 0,043 dimana 0,043 ≤ 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa hipotesis yaitu ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol (2) Respon siswa terhadap game “TeKaJe” sebagai media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar adalah 83,747%. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo sangat setuju terhadap penggunaan game “TeKaJe” sebagai media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar.Kata Kunci : ADDIE, Game TeKaJe, Hasil Belajar, Respon siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.