ANALISIS PENGARUH NILAI TES POTENSI AKADEMIK PADA EVALUASI PEMROGRAMAN DASAR TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMROGRAMAN

BAYU HERMAWAN ADI PRATAMA, BAMBANG SUJATMIKO

Abstract


Zaman sekarang tidak ada yang tidak menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, oleh karena itu dunia pekerjaan banyak membutuhkan calon pekerja di bidang pemrograman serta teknik komputer dan jaringan. Tidak hanya banyak membutuhkan calon pekerja dibidang tersebut dunia pekerjaan juga menuntut pekerja memiliki skill yang mumpuni dalam bidang tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan nilai tes potensi akademik dan motivasi belajar dengan evaluasi pemrograman dasar. Metode penelitian menggunakan metode korelasi. Sedangkan, desain penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi ganda dengan sampel mahasiswa PTI 2017 sebanyak 30 orang dan dilakukan tes potensi akademik, tes pemrograman dasar, dan angket motivasi belajar. Hasil dari kedua tes dan angket menjadi variabel yang akan dihitung korelasinya untuk mengetahui hubungan tes potensi akademik dan motivasi belajar dengan tes pemrograman dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara tes potensi akademik dan motivasi belajar dengan tes pemrograman dasar memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,535 dengan kategori sedang dan bernilai positif, sedangkan nilai signifikan yang didapatkan adalah 0,011. Dan hasil uji hipotesis diperoleh dari nilai hitung F sebesar 10,119 yang mempunyai nilai lebih besar dari nilai tabel F dengan signifikansi 0,05 sebesar 3,354 yang berarti menolak H0 menerima H1 dimana “ada pengaruh signifikan antara nilai tes potensi akademik dan motivasi belajar dengan nilai akhir pemrograman dasar terhadap kemampuan pemrograman”.

Kata Kunci: Tes Potensi Akademik, Kemampuan Pemrograman, Motivasi Belajar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.