Pengembangan Media Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Pengambilan Gambar Bergerak Di SMK Negeri 3 Surabaya

Aji Laksono Putro, BAMBANG SUJATMIKO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran melalui video animasi. Serta meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (reseach and development) menggunakan model ADDIE. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Multimedia pada SMKN 3 Surabaya. Sampel yang diambil pada kelas Multimedia 1 dengan desain penelitian menggunakan one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar melalui video animasi masing-masing mendapatkan hasil sebesar 85,71% tuntas pada kemampuan kognitif dan 100% tuntas pada kemampuan psikomotorik. Selain itu hasil penelitian menunjukkan korelasi positif antara kemampuan kognitif dan psikomotorik dengan nilai 0,613 dengan tingkat hubungan kuat. Dengan ini Ha (hipotesis alternatif) diterima dan H0 ditolak.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.