PENGEMBANGAN E-CONTENT VIDEOGRAFI BERBASIS INSTAGRAM MATA PELAJARAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

NURUL KHOLIFAH, SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract


Mata pelajaran pengolahan citra digital merupakan mata pelajaran yang mendasar pada jurusan Multimedia, maka perlu adanya suatu upaya yang lebih inovatif dalam hal pemahaman dan praktek dalam mata pelajaran pengolahan citra digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran yang diteliti dan dikembangan yaitu tentang media pembelajaran e-content videografi berbasis instagram mata pelajaran pengolahan citra digital di SMK Negeri 4 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation and Evaluation), dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design dan instrumen validasi media menggunakan model TAM (Technology Acceptance Model). Dalam penelitian ini terdapat 5 perangkat yang di validasi yakni validasi media menunjukkan hasil 87,63%, validasi RPP menunjukkan hasil 88,02%, validasi materi menunjukkan hasil 90,63%, validasi soal menunjukkan hasil 86,36%, validasi angket respon menunjukkan hasil 87,25%. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran e-content videografi berbasis instagram menunjukkan hasil 77,99%. Hasil belajar siswa kelas XI MM menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 45,00 posttest sebesar 55,63 dengan standart deviasi 11,41. hasil t hitung sebesar 5,881 dan nilai p-value sebesar 0,0000008 dimana 0,0000008 < 0,05. Dengan ini, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis yang dilakukan mendapat hasil menolak atau menerima yang berarti hasil belajar setelah menggunakan media e-content videografi berbasis instagram pada mata pelajaran pengolahan citra digital lebih baik daripada sebelum menggunakan media pembelajaran e-content videografi berbasis instagram.

Kata Kunci: Media pembelajaran, E-content, Instagram, Video, ADDIE, TAM, Hasil belajar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.