PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCOMIC PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 1 SURABAYA

HANI DWI SEPTIANA, YENI ANISTYASARI

Abstract


Media Pembelajaran buku dan aplikasi komik edukasi yang dikembangkan penelitian ini disebut dengan Educomic dimana terdapat isi cerita dan materi yang dilengkapi dengan gambar tokoh animasi yang menceitakan tentang Alogaritma perulangan pada mata pelajaran Pemrograman Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran educomic berbentuk cetak dan berbasis android, serta diuji kevalidannya agar dapat diimplementasikan kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Penyusunan gambar dibuat dengan menggunakan adobe photoshop media dalam bentuk aplikasi dibuat dengan menggunakan App Inventor yang disusun kemudian dijadikan sebagai aplikasi android yang dapat diunduh di Google Playstore. Dari hasil uji kevalidan yang telah divalidasi oleh validator ahli media dan materi ini dinyatakan sebagai kategori sangat layak dengan hasil rating 86,3%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diimplementasikan melalui hasil belajar posttest yang diberikan kepada 60 siswa Rekayasa Perangkat Lunak kelas X di Sekolah Menengah kejuruan 1 Surabaya, setelah dilakukan perhitungan secara statistik dilihat dari grup statistik mean dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan aplikasi Educomic memperoleh rata-rata nilai lebih besar yaitu 84,43 dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan buku Educomic dengan rata-rata nilai 78,37. Respon yang telah diberikan oleh siswa yang telah menggunakan buku dan aplikasi Educomic dengan persentase sebesar 81,7% dapat dikategorikan sangat positif. Dengan demikian hasil belajar siswa menggunakan bantuan buku dan aplikasi Educomic keduanya mendapatkan hasil yang lebih baik, jadi dapat disimpulkan bahwa buku dan aplikasi Educomic sangat membantu siswa dalam belajar mandiri.

Kata Kunci: Educomic, Android, Pemrograman Dasar, Hasil Belajar

Book and comic as learning media that developed on this research called Educomic where the contents are story and the material of the subject that equiped with pictures and some animation characters chronically tell about the looping algorithms on Basic Programming subjects . This research aim to develop Educomic as the learning media in a hand print and mobile android, as well as tested by this feasibility so that it can be implemented to students to enhance the learning outcomes. Production of the characters and its story created by using Adobe Photoshop, to convert it as an application is using App Inventor then published in Google Playstore. In terms of the feasibility of the validated through testing by the expert validators, media and materials is categorized as very decent with rating results 86.3%. Based on the study that implemented through the posttest learning outcomes given to the 60 students of Software Engineering class X in the SMKN 1 Surabaya, after calculaed with statistically seen from the mean statistics group it can be stated that the learning outcomes of students who use the Educomic application obtained higher average value of 84.43 compared with the learning outcomes of students who use the hand printed Educomic book with an average value of 78.37. The response has been given by the students who have been using the hand printed book and the application of Educomic categorized very excellent with the percentage of 81.7%.

Thus the learning outcomes of students that use the hand printed book and the application of Educomic both are getting betteii results, so it can be concluded that the hand printed book and the application of Educomic really help students in their independent study.

Keywords: Educomic, Android, Software Engineering, Learning Outcomes



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.