PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN VIDEO GRAFIS BERBASIS LINE@ PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

RAHMAD NUR HIDAYANI, EKOHARIADI

Abstract


ABSTRAK

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN VIDEO GRAFIS BERBASIS LINE@ PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

Nama : Rahmad Nur Hidayani

NIM : 14050974065

Program Studi : S1 Pendidikan Teknologi Informasi

Jurusan : Teknik Informatika

Fakultas : Teknik Informatika

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMK Negeri 1 Cerme, media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar yaitu powerpoint dan buku paket. Penggunaan powerpoint dalam proses pembelajaran hanya 30%, sedangkan buku paket 70%. Oleh karena itu, pengembangan media perlu dilakukan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbantuan video grafis berbasis LINE@ serta mengetahui apakah modul pembelajaran berbantuan video grafis berbasis LINE@ yang dikembangkan valid dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan modul pembelajaran berbantuan video grafis berbasis LINE@ lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan modul pembelajaran berbantuan video grafis berbasis LINE@. Pada penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Desain uji coba yang digunakan adalah Quasi Experimental Design The Matching-Only Posttest-Only Control Group Design.

Data pada penelitian ini diperoleh dari 4 validator dan siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Cerme yang terdiri dari dua sampel yaitu kelas ekperimen 34 siswa dan kelas kontrol 34 siswa. Hasil validasi media oleh validator, media modul memperoleh presentase 92,61% yang termasuk dalam kategori sangat valid dan video memperoleh presentase 90,44% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil belajar siswa diketahui melalui posttest dan psikomotorik yang menunjukkan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata Posttest kelas eksperimen 86,76 dan rata-rata kelas kontrol 69,90. Sedangkan rata-rata psikomotorik kelas eksperimen 64,25 dan rata-rata kelas kontrol 58,57. Sehingga dapat dikatakan hasil belajar siswa yang menggunakan media modul pembelajaran berbantuan video grafis berbasis LINE@ lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan media modul pembelajaran berbantuan video grafis berbasis LINE@.

Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Video Grafis, Penelitian dan Pengembangan, Hasil belajar


ABSTRACT

DEVELOPMENT OF LINE@-BASED-VIDEO GRAPHIC LEARNING MODULE ON COMPUTER AND BASIC NETWORKING SUBJECT

Name : Rahmad Nur Hidayani

NIM : 14050974065

Program Of Study : S1 Pendidikan Teknologi Informasi

Departement : Teknik Informatika

Faculty : Teknik Informatika

Institution : Universitas Negeri Surabaya

Preceptor : Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd

Based on the observation’s result that has been done in SMK Negeri 1 Cerme, the instructional media that used during learning process on computer and basic network are powerpoint and textbooks. Powerpoint used only 30% during learning process meanwhile the textbook used 70%. So developing instructional media is needed.

The aim of this research is, to develop Instructional Module Assisted by graphic video based LINE@ and how to know, that the instructional media, which has been developed, is on valid category and how the students’ result learning who use the instructional media and who do not use the instructional media to help them study. The research uses R&D (Research and Development) method and also Quasi Experiment Design The Maching-Only Posttest–Only Control Group Design as the trial design.

The data of this research gained by 4 validators and X grade student in TKJ major of SMKN 1 Cerme that has been devided as two groups. The first is experiment class and the other one is control class. Both of them contained 34 students. The validation result of media , that has been developed, the modul gains score 92,61% which in valid category and the video gains score 90,44% which in very valid category. Posttest and psychomotor test used to know the students’ result learning, which one is the better. Experiment class gains 86,76 as the posttest result score and the control class gains 69,90. Meanwhile, the experiment class gains 64,25 as the psychomotor test result and the control class gains 58,57. So, the student’s learning result who uses graphic video based LINE@ as instructional media is better than they don’t use.

Keywords : Learning Modul, Video Graphic, Research and Development, Learning result








Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.