PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI KAMERA DENGAN SUDUT PANDANG INTERIOR DAN EKSTERIOR

VENY KUSUMA DEWI, SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi kamera dengan sudut pandang interior dan eksterior serta mengetahui kevalidan media pembelajaran animasi kamera dengan sudut pandang interior dan eksterior dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran animasi kamera dengan sudut pandang interior dan eksterior, dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran animasi kamera dengan sudut pandang interior dan eksterior. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Desain uji coba yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design Nonequivalent Control Group Design. Data penelitian ini diperoleh dari 5 validator dan siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 2 Buduran yang terdiri dari dua sampel yaitu kelas ekperimen 36 siswa dan kelas kontrol 36 siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh presentase 87,5%, hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari posttest dan psikomotorik yang menunjukkan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata Posttest kelas eksperimen 81,81 dan kelas kontrol 71,46. Sedangkan rata-rata psikomotorik kelas eksperimen 91,75 dan kelas kontrol 87,31.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Animasi Interior Eksterior, R&D, Hasil belajar

Abstract

The purpose of this research is developing about camera animation learning media in the interior and exterior point of view and knowing the validity that has been developing. This research also to find out the result of learning from student that use camera animation learning media with an interior and exterior point of view is better than student that not use camera animation learning media with interior and exterior viewpoints. In this research uses the R & D (Research and Development) method. Quasi Experimental Design Non-equivalent Control Group Design is a trial design that is applied. The data of this research were obtained from 5 validators and XI Multimedia class, students of Vocational High School 2 Buduran which is consisted of two samples namely are the experimental class 36 students and the control class 36 students. The results of validation from the validator, the developed media obtained a percentage of 87.5%, that is valid. While the results of student learning obtained from posttest and psychomotor showed the experimental class is higher than the control class. The average posttest of the experimental class was 81.81 and the control class was 71.46. In the other hand the average of psychomotor from the experimental class was 91.75 and the control class was 87.31.

Keywords: Learning Media, Exterior Interior Animation, R & D, Results of student learning

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.