PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

AZTIKHA SUHARTINA, MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan mobile learning, respon peserta didk terhadap mobile learning dan hasil belajar siswa yang menggunakan media mobile learning pada mata pelajaran pengolahan citra digital. Jenis penelitian Nonequivalent control group design dan untuk rancangan penelitian menggunakan metode 4D. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Jetis. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi media, lembar validasi angket respon dan lembar validasi soal pretest posttest. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran mobile learning yang bisa digunakan untuk belajar oleh peserta didik sewaktu--waktu melalui smartphone dengan android versi minimal jellybean 4.1. Aplikasi mobile learning terdapat beberapa menu yaitu menu kompetensi, menu materi, menu video dan menu latihan soal. Dalam media mobile learning ini terdapat mata pelajaran pengolahan citra digital pada kompetensi dasar 3.2 memahami klasifikasi huruf dan 4.2 menyajikan data hasil pengamatan terhadap jenis-jenis font huruf berbagai media dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu validasi rencana perangkat pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 90,96% dengan kategori sangat layak digunakan, validasi butir soal mendapatkan presentase 92,67% dengan kategori sangat layak digunakan, validasi modul pembelajaran mendapatkan hasil persentase 85,84% dengan kategori sangat layak digunakan, validasi angket respon mendapatkan hasil presentase 88,45% masuk kategori sangat layak digunakan, validasi media mobile learning mendapatkan hasil persentase 89,17% masuk kategori sangat layak digunakan. (2) Hasil angket penilaian respon peserta didik terhadap media mobile learning mendapatkan hasil jawaban mendapatkan 2079 dengan klasifikasi sikap setuju. (3) Hasil belajar siswa mendapatkan hasil rata – rata yang menggunakan media pembelajaran mobile learning yaitu 81,63, lebih baik daripada kelas kontrol menggunakan media power point yaitu dengan rata-rata nilai 75,47. Dapat disimpulkan bahwa mobile learning dapat meningkatnya hasil belajar peserta didik. Saran penelitian selanjutnya yaitu mengembangkan media mobile learning lebih dilengkapi dengan seluruh materi pada mata pelajaran pengolahan citra digital.

Kata kunci : Mobile Learning, Pengolahan Citra Digital, Hasil Belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.