PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL BOX UNTUK MENGUKUR KELAYAKAN MODUL PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMKN 7 SURABAYA

TRIANA FARIDA, EKOHARIADI

Abstract


Pengembangan media pembelajaran Virtual Box untuk mengukur kelayakan modul pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran menggunakan Virtual Box pada penerapan materi instalasi sistem operasi. (2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi sistem operasi menggunakan media Virtual Box lebih tinggi dari tanpa menggunakan Virtual Box.

Model pengembangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model pengembangan ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dengan metode penelitiannya Quasi Experemin dimana subjek yang digunakan untuk kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen diambil secara utuh dalam satu kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ SMKN 7 Surabaya.

Berdasarkan dari pengolahan data diperoleh rata-rata hasil belajar dari ranah kognitif kelas kontrol 31.56 dan rata-rata kelas eksperimen 31.43 dengan nilai sig = 0.0977 > 0.05 yang menunjukkan bahwa H0 diterima dengan kata lain H1 di tolak, Jadi tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Virtual Box berbantuan Modul dengan menggunakan media pembelajaran PC berbantuan modul. Sedangkan hasil dari ranah psikomotorik diperoleh rata-rata kelas kontrol 29.98 dan rata-rata kelas eksperimen 33.22 dengan nilai sig 0.468 > 0.05 maka H0 diterima, Sehingga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan, dengan kata lain hasil belajar menggunakan media pembelajaran Virtual Box berbantuan modul tidak lebih baik daripada menggunkan media PC (personal computer) dengan berbantuan modul.

Kata kunci: Modul Pembelajaran, Virtual Box, Instalasi Sistem Operasi, Hasil Belajar, Kognitif, Psikomotorik


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.