Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Self Regulated Learning dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMKN 1 Surabaya

NURUL HIDAYAH, MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract


Abstrak

Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia. Perkembangan teknologi dan informasi dalam bidang pendidikan sangatlah pesat terlebih dalam penggunaan media dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara di SMKN 1 Surabaya proses pembelajaran mata pelajaran dasar desain grafis masih menggunakan model konvensional dan pembelajaran berpusat pada guru. Model flipped classroom merupakan kebalikan dari model konvensinal, materi diberikan di rumah dan penugasan diberikan saat dikelas sehingga pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru.(Bergman dan Sams, 2012). Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas model flipped classroom terhadap self regulated learning dan hasil belajar pada mata pelajaran dasar desain grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan rancangan One-group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel adalah Sampling purposive. Instrument yang digunakan berupa lembar observasi, angket self regulated learning dan soal tes yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Sample T-Test. Analisis hasil angket self regulated learning menunjukan bahwa self regulated learning siswa terdapat kenaikan nilai dengan rata-rata sebesar 2.50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar sebelum pembelajaran 65,5 dan sesudah pembelajaran 73,1. Berdasarkan analisis perbedaan dua rata-rata diperoleh nila sig (2-tailed) 0,005 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dengan sesudah pembelajaran menggunakan model flipped classroom. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan nilai yang signifikan antara pemahaman awal dengan pemahaman setelah pembelajaran dan hasil angket self regulated learning sehingga model pembelajaran flipped classroom efektif ditinjau dari self regulated learning dan hasil belajar (Wicaksono, 2018).

Kata Kunci— Model Flipped Classroom, Self Regulated Learning, Hasil Belajar Dasar Desain Grafis

Abstract

Education has a major role in increasing the quality of Human Resource. The Information and Communication Technology in education grows fast in the use of learning media. According to the result of interview conducted in SMKN 1 Surabaya graphic design lesson still use the conventional model focusing on teacher as the center. In contrast, flipped model is the main material learned at home by themselves and the assignment given at class so that the learning is not centered at the teachers (Vergman and Sams, 2012). This goal of this research is to find out the effectiveness of flipped model in self regulated learning and the learning objectives of graphic design subject. The research method used is Pre-Experimental designed with one group-pretest and post test. In addition, the data collection technique is sampling purposive. The instrument used are observation sheet, self regulated learning questionnaire, reliable and validated test. The data is analyzed using paired-sample T-test. Based on the result of the self-regulated questionnaire, there is an increasing of the score about 2.50. Furthermore, the result of the pre-test is 65.5 and the result of the post test is 73,1. This means that there is a significance difference for about 0,005 < 0,05 . Therefore, it can be concluded that there is a significant difference after using flipped classroom learning. Moreover, the results of the research shows this learning model is effective since it shows the significant difference between learning before and after using flipped classroom model (Wicaksono,2018)

Keywords : Flipped classroom model, self regulated learning, result of design graphic learning



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.