PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL REALITY (VR) PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL DI SMK KARTIKA 2 SURABAYA

DWINITA PUTRI SUNDORO, SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract


Abstrak

Mengembangkan media pembelajaran untuk penelitian pengembangan sebuah aplikasi Virtual Reality. Adapun tujuan dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk mencari respon peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif berbasis virtual reality. Pengembangan aplikasi ini ditujukan kepada peserta didik SMK agar menarik minat dan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One-Shot Case Study dan model pengembangan software menggunakan pendekatan waterfall (model air terjun). Model waterfall terdiri atas lima langkah yang meliputi tahapan 1) investigasi 2) analisis 3) desain 4) implementasi dan 5) perawatan.

Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi virtual reality tentang media pembelajaran video interaktif berbasis virtual reality. Aplikasi ini dapat digunakan menggunakan bantuan cardboard agar lebih maksimal sehingga objek 3D yang ditampilkan seolah-olah berada di lingkungan nyata. Hasil uji coba menggunakan data analisis keusioner dari responden, aplikasi ini dikatakan layak untuk dijadikan referensi untuk kegiatan pembelajaran dengan penilaian sebesar 77%. Sedangkan untuk motivasi belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,48 dan tergolong dalam kategori baik. Maka dapat ditarik kesimpulan motivasi peserta didik baik dengan menggunakan media pembelajaran virtual reality.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Respon Peserta didik, Virtual Reality, Waterfall.

Abstract

The research was conducted to develop an application for the media learning virtual reality on the subjects of a digital photograph of composition. The purpose of the application development is to find responses to interactive media students learning based video virtual reality. The development of this application is design to vocational high school students in order to the interest and the motivation to study. The methodology used in this research was experimental methods by design one-shot case study and the waterfall software model of development. The waterfall consists of five steps include the 1) investigation 2) analysis 3) design 4) implementation and 5) care.

The final result of this study is a learning virtual reality application about media interactive video virtual reality based on the subjects composition digital photographs. This application can be used to be maximum cardboard using the aid therefore that 3D object displayed as if located within the real. Based on the results of the trial data through questionnaire analysis of the respondents, the application is eligible to become as a reference for learning activities with the assessment of as much as 77%. While the motivation to study the student received an average of 3,48 and included in good category. This it can be concluded that the student motivation either by using media learning a virtual reality.

Keywords : Media Learning, Students Responses, Virtual Reality, Waterfall


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.