PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA FOLLOWER TWITTER MIZONE MIZONEID)

ANNISA AMALINA

Abstract


Persaingan di dunia industri minuman salah satunya
katagori minuman isotonik, membuat perusahaan yang bergerak
di bidang tersebut juga bersaing dalam memasarkan produknya.
Saat ini Social Media Marketing dapat menjadi salah satu media
komunikasi dua arah antara perusahaan dengan konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji adakah
pengaruh Social Media Marketing terhadap brand loyalty melalui
brand trust sebagai variabel intervening.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang
dianalisis secara kuantitatif dan menggunakan teknik non
probability sampling (judgemental sampling) dengan metode path
analysis. Responden dalam penelitian ini adalah follower Twitter
Mizone (@mizoneid) laki-laki dan perempuan berusia minimal 18
tahun. Sampel yang digunakan sebanyak 165 responden.
Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara online,
dan angket yang dianalisis menggunakan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
langsung dan signifikan dari variabel Social Media Marketing
terhadap brand trust, variabel brand trust terhadap brand loyalty,
dan variabel Social Media Marketing terhadap brand loyalty


The competition in category of isotonic industry beverage,
create a company engaged in the also compete in marketing their
products. Social Media Marketing can be one of the media twoway
communication between companies and consumers, so that
consumers will feel closer to the company. The purpose of this
study is to find out is there any influence on Social Media
Marketing on brand loyalty through brand trust as intervening
variable.
This research is a descriptive study that analyzed by
quantitative and using techniques non-probability sampling
(judgemental sampling) with path analysis methods.
Respondents in this study are the follower of Mizone’s Twitter
men and women at least 18 years old. The sample used a total of
165 respondents. The instrument used are obesrvation, online
interview, and questionnaire that analyzed using a likert scale.
The results showed that there is a significant direct effect of
the variable Social Media Marketing to brand trust, variables
brand trust to brand loyalty, and variable Social Media Marketing
to brand loyalty..


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.