Pengaruh Openness to Experience terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. Pelabuhan Indnesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya)

ILUK AZIZAH

Abstract


ABSTRAK


 


PENGARUH OPENNESS TO EXPERIENCE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


(Studi Pada PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya)


PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabang Tanjung Perak Surabaya merupakan salah satu pintu gerbang Indonesia yang berfungsi sebagai kolektor dan distributor barang dari dan ke Kawasan Timur Indonesia (KTI). Perusahaan ini mempunyai visi untuk berkomitmen memacu integrasi logistik dengan layanan jasa pelabuhan yang prima. Pelayanan jasa pelabuhan yang prima ini tidak hanya diwujudkan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan standar prosedur kerja yang ada tetapi juga melampaui hal tersebut atau perilaku organizational citizenship behavior yang ditunjukkan karyawan. Perilaku organizational citizenship behavior tidak luput dari kepribadian openness to experience yang dimiliki setiap karyawan dan kepuasan kerja yang dirasakan oleh masing-masing karyawan.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh openness to experience terhadap organizational citizenship behavior (OCB) melalui kepuasan kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan di analisis menggunakan metode path analysis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 142 responden yang diambil dari karyawan bagian staf PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Analisis statistik yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan pada variabel openness to experience terhadap kepuasan kerja dengan nilai 0,481. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan dari variabel kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior. Terdapat pula pengaruh langsung yang signifikan dari variabel openness to experience terhadap organizational citizenship behavior.


Kata kunci: organizational citizenship behavior (OCB), openness to experience, kepuasan kerja


ABSTRACT


 


THE IMPACT OF OPENNESS TO EXPERIENCE ON ORGANIZATIOAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) THROUGH JOB SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLE


(A Case Study of PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya)


 


PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) branch of Tanjung Perak Surabaya is one of the gates Indonesia which serves as a collector and distributor of goods from and to Eastern Indonesia (KTI). The company has a vision to commit to spur the integration of logistics with port services are excellent. Excellent port services is not only manifested in the implementation of tasks in accordance with standard procedures existing work but also go beyond it or behavior demonstrated organizational citizenship behavior of employees. The behavior of organizational citizenship behavior does not escape from personality openness to experience which every employee and job satisfaction felt by each employee.


The purpose of this study was to examine and analyze the effect of openness to experience on organizational citizenship behavior (OCB) through job satisfaction. This type of research is the study of causality, with a quantitative approach. This study using simple random sampling technique and analyzed using path analysis method. This study used a sample of 142 respondents drawn from employees of the staff of PT. Pelabuhan Indonesia III branch Tanjung Perak Surabaya. The scale of measurement in this study using a Likert scale. The statistical analysis used is Structural Equation Modeling (SEM) with AMOS software assistance.


The results showed that there is a significant direct effect on variable openness to experience job satisfaction with a value of 0.481. There is a significant direct effect of the variable of job satisfaction on organizational citizenship behavior. There is also a significant direct effect of the variable openness to experience on organizational citizenship behavior.


Keyword: organizational citizenship behavior (OCB), openness to experience, job satisfaction


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) Terindeks oleh:

View My Stats

 

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 Lantai 2 Ruang jurnal

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang, Jl. Ketintang Surabaya 60231, Surabaya

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

homepage: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim

email: jim@unesa.ac.id

Jurnal Ilmu Manajemen (JIM)  

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International

  imagebam.com