Pengaruh Country of Origin, Kualitas Produk dan Kelompok Acuan terhadap Niat Beli Produk LG L Bello D335

ROBERTUS RAYI

Abstract


Memasuki era globalisasi yang semakin pesat ini, perusahaan dihadapkan pada persaingan dunia yang semakin ketat. Seiring dengan hal tersebut, banyak perusahaan yang berusaha untuk menghasilkan produk baru atau memberikan inovasi baru pada produk lamanya agar dapat bersaing dan tak kalah oleh pesaingnya, termasuk dalam bidang teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi seperti smartphone. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan membahas tentang pengaruh country of origin, kualitas produk dan kelompok acuan terhadap niat beli LG L Bello D335. (Studi pada mahasiswa perguruan tinggi berbasis teknologi di Surabaya)


Responden dalam penelitian ini yaitu berusia 18 tahun ke atas yang pernah menggunakan produk – produk elektronik LG termasuk smartphone LG namun belum pernah menggunakan smartphone LG L Bello D335. Metode penentuan sampel adalah non probability sampling dan teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 210. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 17.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa country of origin memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli. Kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli. Kelompok acuan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli.


Entering the era of globalization, companies are faced with increasingly fierce global competition. Along with this, many companies are trying to produce new products or provide new innovations to be competitive and not least by its competitors, including in the areas of technology, particularly information and communication technology. One of the development of information and communication technology which is currently massive is smartphone. The purpose of this study is to analyze and discuss the effect of country of origin, product quality and reference group to purchase intention of LG L Bello D335. (Studies on technology-based college student in Surabaya)


The respondents are above 18 years old and who have used the LG electronic products including LG smartphones, but never using a LG L Bello D335. The sampling method is non-probability sample and sampling techniques is incidental sampling. Samples are 210. The data collection technique is by distributing questionnaires. Data were analyzed using multiple linear regression analysis using SPSS 17.


Theresults of this study indicate that the country of origin has a positive and significant effect on purchase intentions. The product quality has a positive and significant effect on purchase intentions. Reference group has positive and significant effect on purchase intentions.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar Citation Analysis

Export Date: 15 Oktober 2019

Citations: 1562

h-index: 18

i10-index: 42

  

View My Stats

Tools:

Plagiarism:

 

Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) terindeks oleh:

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurnal Manajemen

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

homepage: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/index

email: jim@unesa.ac.id

Jurnal Ilmu Manajemen (JIM)  

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International