PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KEMASAN PRODUK TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SHAMPOO SARIAYU HIJAB (Studi pada Konsumen di Wilayah Surabaya Selatan)

FITRIYANA SADIAH

Abstract


Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin membaik sehingga mendorong timbulnya laju persaingan di dalam dunia usaha. Salah satunya persaingan antar industri yaitu industri toiletries dan kosmetik yang semakin kompetitif. Salah satu produk toiletries yang memiliki persaingan ketat adalah produk shampoo. Strategi perusahaan yang dilakukan adalah melakukan inovasi produk dan kemasan produk sehingga mempengaruhiniat pembelian konsumen.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh inovasi produk dan kemasan produk terhadap niat beli konsumen pada produk shampoo sariayu hijab (studi pada konsumen di wilayah surabaya selatan). Jenis penelitian ini adalah kausal dan data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah wanita dengan usia minimal 18 tahun ke atas yang mengetahui, belum pernah memakai dan berniat membeli Shampoo Sariayu Hijab. Sampel yang di ambil berjumlah 110 responden dengan metode yang digunakan judgmental sampling. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh tersebut digunakan alat analisis regresi linear berganda serta angket sebagai alat pengumpulan data responden.


Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa Inovasi Produk dan Kemasan Produk berpengaruh terhadap Niat Beli Konsumen Pada Produk Shampoo Sariayu Hijab Studi Pada Konsumen Di Wilayah Surabaya Selatan.


Kata Kunci : Inovasi Produk, Kemasan Produk, Niat Beli Konsumen


Indonesia's economic growth is getting better so as to encourage the emergence rate of competition in the business world. One of them inter-industry competition toiletries and cosmetics industry is increasingly competitive. One product that has tough competition toiletries are shampoo products. The company's strategy is to do is to innovate products and packaging of products that affect consumer purchase intention.


This study aims to analyze and discuss the effects of product innovation and product packaging onpurchase intention of shampoo Sariayu hijab (studies on consumers in the region south of Surabaya). This research is a causal and data obtained were analyzed quantitatively.Population in this study were women with a minimum age of 18 years and over who knows, had never taken and intend to buy shampooSariayu Hijab. Samples taken were 110 respondents with judgmental sampling method used. Meanwhile, to determine the influence of these used multiple linear regression analysis tools as well as a means of data collection questionnaire respondents.


The results of data analysis can be seen that the Product Innovation and Product Packaging affect the Intent to Purchase Intention Shampoo Sariayu Hijab In Area Studies in South Surabaya.


Keywords: Product Innovation, Product Packaging, Purchase Intention


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar Citation Analysis

Export Date: 15 Oktober 2019

Citations: 1562

h-index: 18

i10-index: 42

  

View My Stats

Tools:

Plagiarism:

 

Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) terindeks oleh:

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurnal Manajemen

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

homepage: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/index

email: jim@unesa.ac.id

Jurnal Ilmu Manajemen (JIM)  

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International