Pengaruh Kelompok Referensi, Diferensiasi Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan (Studi Pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Cabang Ponorogo)

YOGA FAMEI AKBARINI

Abstract


Abstrak


Persaingan bisnisklinik kecantikanyang semakin ketat, dimana setiap klinik kecantikan harus menerapkan strategi pemasaran untuk memenangkan pasar. Larissa Aesthetic Center adalah salah satu klinik kecantikan yang berusaha memenuhi kebutuhan konsumen akan perawatan kecantikan. Larissa Aesthetic Center harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat tetap bertahan atau bahkan memenangkan persaingan dalam bisnis. Salah satu cara untuk menciptakan keunggulan bersaing adalah dengan menerapkan strategi diferensiasi dan harga yang tepat sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Produk perawatan kulit merupakan produk yang memiliki resiko tinggi, maka dari itu konsumen memerlukan informasi dan saran dari kelompok referensi dalam melakukan keputusan pembelian. Apabila ketiga hal tersebut sudah berjalan dengan baik maka tingkat keputusan pembelian dari konsumen akan mengalami peningkatan.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh kelompok referensi, diferensiasi produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk perawatan (studi pada konsumen Larissa Aesthetic Center Cabang Ponorogo). Populasi dalam penelitian ini adalah member yang membeli dan menggunakan produk Larissa Aesthetic Center Cabang Ponorogo. Sampel yang diambil sebanyak 110 orang dengan teknik insidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan skala pengukuran Likert. Hasil penelitian tentang pengaruh kelompok referensi, diferensiasi produk, dan harga menunjukkan bahwa koefisien determinasi (adjusted R square) sebesar 93 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Variabel kelompok referensi merupakan variabel dominan yang mempengaruhi keputusan pembelianproduk Larissa Aesthetic Center Cabang Ponorogo dengan nilai thitung sebesar 6,546.


Kata Kunci : Kelompok Referensi, Diferensiasi Produk, Harga, Keputusan Pembelian.


Abstract


Competition in beauty clinic business is increasingly high in which each beauty clinicshout implement marketing strategies to win the market. Larissa Aesthetic Center is one beauty clinicthat in effort to satisfy its consumer needs of beauty treatment. Larissa Aesthetic Centershould has special quality in the competition in order to be survive or indeed to win the competitionin the business. One way to create a competitive advantage is to implement a strategy of differentiation and the right price so that it can affect purchasing decision. Skin care products constitute productsthat have a high risk, therefore the consumers need information and suggestionfrom reference group in doing purchase decision. If the three tings above have been in good progress then level of purchase decision from the consumers will increase.


This research aims to analyze and discuss the influence of reference group, differentiation product, and price on purchase decision for the skin care product. The population in this research are the memberwho buy and useLarissa Aesthetic Center product branch Ponorogo. Samples taken as many as 110 people with insidental sampling technique. Data analysis technique used was multiple linear regression with a scale of measurement using Likert. The result showed that coefficient of determination (adjusted R square) was 93 % and the rest influenced by other variables outside ofthe study . Reference group variable are the dominant variables that influence purchase decision at Larissa Aesthetic Center branch Ponorogo with a value of 6,546.


Keywords : reference group, differentiation product, price, purchase decision


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar Citation Analysis

Export Date: 15 Oktober 2019

Citations: 1562

h-index: 18

i10-index: 42

  

View My Stats

Tools:

Plagiarism:

 

Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) terindeks oleh:

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurnal Manajemen

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

homepage: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/index

email: jim@unesa.ac.id

Jurnal Ilmu Manajemen (JIM)  

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International