ANALISIS DAMPAK CELEBRITY ENDORSER DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI PRODUK WARDAH INSTAPERFECT (STUDI PADA MAHASISWI SURABAYA)

DEWI PURNAMA NINGSIH

Abstract


Semakin ketatnya persaingan di sektor peiklanan, perusahaan berlomba untuk melakukan promosi termasuk dalam bidang kecantikan. Dalam menyusun iklan, perusahaan perlu memperhatikan pesan iklan yang diciptakan pada benak konsumen. Perusahaan terutama kosmetik mengiklankan produknya dengan celebrity endorser untuk menarik perhatian konsumennya serta untuk memunculkan citra merek yang baik pada benak konsumen, sehingga dapat menimbulkan niat beli pada diri konsumen terhadap produk yang diiklankan.

Penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel judgmental sampling. Sampel yang digunakan adalah 165 responden yang mana responden yang dipilih adalah mahasiswi Surabaya yang pernah melihat iklan Wardah Instaperfect dengan Raline Shah sebagai celebrity endorser di iklan TV. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dengan skala rating. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.

Hasil Penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan celebrity endorser terhadap niat beli wardah Instaperfect, dan juga adanya pengaruh citra merek terhadap niat beli wardah Instaperfect

Kata Kunci : Celebrity endorser, Citra Merek, dan Niat Beli..


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.