PENGEMBANGANMULTIMEDIA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN SUB TEMA PERJUANGAN PARAPAHLAWAN DI KELAS IV C SD IT AT-TAQWA SURABAYA

IRENA NADYA NOVINDA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, mengetahui kelayakan serta mengetahui pengaruh penggunaan media Multimedia Berbasis Augmented Reality (AR) Berbasis Pada Pembalajaran Mengidentifikasi Peninggalan Kerajaan Masa Hindu, Buddha, dan Islam Pada Masa Kini dan Pengaruhnya Bagi Masyarakat Di Wilayah Setempat Sub Tema Perjuangan Para Pahlawan Tema 5 Pahlawanku Di Kelas IV C SD IT At-Taqwa Surabaya. Pengembangan ini menggunakan model Dick and Carey dengan 10 langkah. Pengembangan ini menghasilkan sebuah produk media yaitu berupa media Augmented Reality berbasis Multimedia yang dapat membantu siswa SD Kelas IV C untuk belajar mengidentifikasi peninggalan kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Kesimpulan penelitian ini bahwa media Augmented Reality berbasis Multimedia ini telah layak dijadikan media pembelajaran dan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kelas IV C SD Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya dalam materi mengidentifikasi peninggalan kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya nilai post test dibandingkan dengan nilai pre test setelah menggunakan media Augmented Reality berbasis Multimedia..

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia, Augmented Reality, Tematik Perjuangan Para Pahlawan

Abstract

This research aims to produce, find out eligibility and know how the media use of Multimedia-based Augmented Reality (AR) is based On Identifying the Heritage Learning period of Hinduism, Buddhism, and Islam At present and its influence to the society in the territory of the local Sub Themes of the struggle of The Hero Theme 5 my hero in the class IV C Elementary School of Integrated Islam At- Taqwa in Surabaya. This development using Dick and Carey model with 10 steps. This development resulted in a product that is in the form of Multimedia-based Augmented Reality media that can help students of class IV C to learn to identify the remains of the Kingdom of Hinduism, Buddhism, and Islam.

Conclusion of this research is that the media to Multimedia-based Augmented Reality has made a decent media learning and influence on the improvement of the results of the study class IV C Elementary School of Integrated Islam At-Taqwa Surabaya in the material identifying the heritage of Hinduism, Buddhism, and Islam. This is demonstrated by the high value of the post test compared to the value of the pre-wedding test after using media to Multimedia-based Augmented Reality

Keywords: Development, Multimedia, Augmented Reality, Thematic Struggle of the Heroes


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.