PENGEMBANGAN MEDIACAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION)PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK PANCA INDERA MANUSIA SISWA KELAS VII SMPLB C PK HARAPAN MULIA DAWARBLANDONG MOJOKERTO

BAYU RENGGA CENDYMARDANA

Abstract


Penelitian pada siswa kelas VII SMPLB C PK Harapan Mulia Dawarblandong Mojokerto dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPA Materi pokok Panca Indera Manusia dikarenakan banyak materi yang harus dipelajari oleh siswa berupa penjelasan proses-proses yang terjadi pada alat indera yang mana proses-proses tersebut tidak dapat dilihat secara langsung. Selain itu siswa sering lupa jika guru mereview materi sebelumnya, karena dalam proses pembelajaran yang selama ini di lakukan, penjelasan mengenai proses-proses yang tersebut hanya dijelaskan secara lisan dan menggunakan papan tulis, serta buku paket yang dikemas dalam power point dan materi penunjang seperti buku BSE sebagai sumber belajar, sedangkan dalam buku BSE sendiri tidak banyak ilustrasi gambar yang dapat menjelaskan proses tersebut, sehingga pembelajaran yang terjadi didalam kelas bersifat konvensional yaitu textbook oriented dan teacher centered. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media CAI (Computer Assisted Instruction) yang layak dan efektif untuk siswa kelas VII SMPLB C PK Harapan Mulia Dawarblandong Mojokerto.

Berdasarkan hasil analis data yang diketahui dari hasil wawancara ahli materi dan ahli media dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (a) hasil presentase Ahli Materi : 85% (baik), (b) hasil presentase Ahli Media : 90% (sangat baik), (c) hasil. Melalui hasil angket uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa : (a) hasil presentase uji orang perorangan 90% (sangat baik), (b) hasil presentase uji coba kelompok kecil 88% (sangat baik), serta (c) hasil presentase pada uji coba kelompok besar 93 % (sangat baik). Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media CAI (Computer Assisted Instruction) ini dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan dari hasil perhitungan reliabilitas di atas menggunakan belah ganjil genap di ketahui rhitung = 0,626 yang kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan subyek N-2 = 30-2=28 taraf signifikan 5% batas penolakan sebesar 0,374 (tabel nilai product moment). Dengan demikian rhitung lebih besar dari rtabel (0,626> 0,374), maka data instrumen pengembangan media CAI untuk instrumen pretest-posttest yang diberikan kepada siswa kelas VII dapat dinyatakan efektif.

Kata Kunci: Pengembangan,

Abstract

Research at class student VII SMPLB C PK Harapan Mulia Dawarblandong background by lack of student understanding to biology subject, direct material System Human coordination precisely at Sub Chapter Tool Senses, because of much matters that must studied by student, have the shape of processes explanation that happened at tool sense, which processes are referred can not be seen directly. In other hand student often forgets if teacher mereview matter previously, because in course of which during the time study to conduct, explanation hits processes that referred [as] only explained verbally and use blackboard, and package book that packed in power point and supporter matter like book BSE as the source learn, whereas in book BSE by it self not many picture illustrations that can explain process are referred as, until study that happened in the class has the character of conventional that is textbook oriented and teacher centered. This Research bent on to develop media CAI (Computer Assisted Instruction) competent and effective for class student VII SMPLB C PK Harapan Mulia Dawarblandong Mojokerto.

Base result of data analyst that known from result of matter expert interview and media expert can be drawn a conclusion as follows: (a) result percentage media expert : 85% (well), (b) result percentage media expert : 90% (very well). Pass by result of product test-drive questionnaire, can be concluded that : (a) result percentage individual people test 90% (very well), (b) result percentage small group test-drive 88% (very well), and (c) result percentage at big group test-drive 93% (very well). With result that obtained/got referred, can be concluded that media CAI (Computer Assisted Instruction) this categorized jolly good and competent used. Base calculation result with significant level 5%, db = N-2 (30-2)= 28, until obtained/got t table 0,626. Thus t count bigger than t table that is 0,626 > 0,374. so result difference pre-test and post-test is referred [as] expressed significant. So difference is referred expressed Significant and Effective.

Keywords: Development, Media CAI (Computer Assisted Instruction).






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.