PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA KELASVIII SMP NEGERI 6 BOJONEGORO

EKA BAGUS PRATAMA

Abstract


Berbagai hal yang terkait dengan teknologi pendidikan muncul seiring dengan semakin banyaknya pula alat - alat teknologi di dunia ini. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa alat-alat teknologi sangatlah penting untuk kemajuan sebuah bangsa khususnya dalam dunia pendidikan. Teknologi dalam pendidikan sekarang mulai dibutuhkan sebagai bahan belajar siswa. Dari studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 6 Bojonegoro ditemukan masalah belajar yang terjadi pada mata pelajaran IPA materi CAhaya kelas VIII. Nilai siswa dalam 3 tahun terakhir menunjukkan bahwa nilai yang mencapai KKM hanya 40 % dari siswa 29. Hal ini disebabkan oleh media yang digunakan kurang mendukung yaitu berupa buku paket saja, guru juga membutuhkan media untuk mevisualisasikan proses pemantulan cahaya dan pembentukannya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Computer Assisted Intruction (CAI) yang layak untuk digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Terdapat tiga rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Diperlukan pengembangan Media CAI Pada Mata Pelajaran IPA materi cahaya yang layak digunakan untuk Kelas VIII SMP Negeri 6 Bojonegoro dan Diperlukan uji keefektifan Media CAI untuk meningkatkan hasil belajar Pada Mata Pelajaran IPA materi cahaya Kelas VIII SMP Negeri 6 Bojonegoro. Juga terdapat terdapat tiga tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menghasilkan Media CAI Pada Mata Pelajaran IPA materi cahaya yang layak digunakan untuk Kelas VIII SMP Negeri 6 Bojonegoro dan untuk menghasilkan Media CAI yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pada Mata Pelajaran IPA materi cahaya Kelas VIII SMP Negeri 6 Bojonegoro.

Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analisi, Design, Development, Implementation, Evaluasi). Media ini diterapkan dengan metode pengumpulan data yang menggunakan wawancara terstruktur, angket tes, serta dilakukan uji coba produk. Uji coba produk dilakukan untuk mengetahui hasil presentase rata-rata setiap variable media CAI tergolong kategori sangat baik. Hasil penelitian uji validitas kelayakan media CAI ini berdasarkan hasil wawancara ahli materi adalah 96,43% (sangat baik), hasil wawancara ahli media adalah 92,5% (sangat baik), hasil angket uji coba perorangan adalah 90,74 (sangat baik), hasil angket uji coba kelompok kecil adalah 88,56 (sangat baik) dan hasil kelompok besar adalah 86,3. Dapat disimpulkan bahwa media CAI pada mata pelajaran IPA dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar media CAI pengembang menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05), maka nilai d.b = N – 1 = 29 – 1= 28, maka diperoleh t tabel 1,70 dengan demikian maka t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 5,251 > 1,70. Sehingga dapat disimpulkan dari data hasil belajar dengan menggunakan media CAI materi cahaya mengalami peningkatan sehingga media tersebut dinyatakan efektif dalam pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, Media CAI, Ilmu Pengetahuan Alam, Cahaya.


Various things related to educational technology emerged along with the increasing number of technological tools in the world. But can not be denied that the tools of technology is very important for the progress of a nation, especially in education. Technology in education is now beginning to be needed as a learning material for students. From the preliminary study conducted at SMP Negeri 6 Bojonegoro found learning problems that occur in science subjects Cahaya material class VIII. Students score in the last 3 years shows that the value reaching KKM is only 40% of the students 29. This is caused by the media used less support that is in the form of book package only, teacher also need media to visualize process of light reflection and its formation. Therefore, this study aims to develop a Computer Assisted Intruction (CAI) media that is feasible to use and effective to improve learners learning outcomes.

There are three problem formulation of this research that is required development of CAI Media In Science Subject of light material that is suitable for Class VIII of State Junior High School 6 Bojonegoro and Required test of effectivity of CAI Media to improve learning result In Science Subject light material Class VIII SMP Negeri 6 Bojonegoro . There are also three objectives in this study that is to produce CAI Media In Subject Science IPA light material that is suitable for Class VIII SMP Negeri 6 Bojonegoro and to produce Media CAI effective in improving learning outcomes In Science Subject light materials Class VIII SMP Negeri 6 Bojonegoro.

This development uses ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. This media is applied with data collection methods using structured interviews, questionnaires, and product trials. Product trials conducted to determine the average percentage of each variable media CAI classified as very good category. The result of the test of the validity of the feasibility of CAI media is based on the result of the interview of the material expert is 96,43% (very good), the result of interview of media expert is 92,5% (very good), the result of questionnaire of individual test is 90,74 (very good) , the result of a small group trial questionnaire was 88.56 (very good), and the result of the large group was 86.3. It can be concluded that the CAI media in the science subjects are declared eligible to be used in the learning process. While to know effectiveness to improve learning result of CAI developer media use t-test distribution table with significance level 5% (0,05), then value db = N - 1 = 29 - 1 = 28, hence obtained t table 1,70 with so then t-count is greater than t-table that is 5.251> 1.70. So it can be inferred from the data of learning outcomes by using CAI media light material has increased so that the media declared effective in learning.

Keywords: Development, CAI Media, Natural Science, Light



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.