PENGEMBANGAN MODUL PADA MATERI AKHLAK TERCELA (RIYA’ DAN NIFAQ) MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII-A DI MTS AL-ABROR SIDOARJO

ALIFIA OKTA NUR INDAHSYAH

Abstract


Abstrak

Mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang merupakan peningkatan dari akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh siswa di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti mengatakan bahwa materi yang ada di dalam buku paket kurang lengkap. Berdasarkan data tahun lalu, dari 25 siswa setiap kelasnya, 14 siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media modul mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak tercela kepada Allah (riya’ dan nifaq) kelas VII-A MTs. Al-Abror, mengukur kelayakan dan keefektifan media modul modul. Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu: review dengan ahli materi, ahli media, uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara terstruktur, angket dan test. Hasil angket uji coba produk kepada siswa kelas VII A di MTs. Al-Abror Sidoarjo, dapat disimpulkan bahwa: (a) hasil persentase uji coba perorangan 89,74% (sangat baik), (b) hasil persentase uji kelompok kecil 94,87% (sangat baik) dan hasil presentase uji kelompok besar 96,15% (sangat baik). Dengan hasil tersebut, media modul ini layak digunakan. Selain itu dengan hasil perhitungan perbandingan antara pretest dan posttest yang dilakukan adalah thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 32,58 > 2,064. Hal ini menunjukkan bahwa modul mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela Kepada Allah (riya dan nifaq) efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: pengembangan, modul, ADDIE

Abstract

Subjects akidah-akhlak in madrasah tsanawiyah is one of subjects education truth pai ) being an improvement of is he moral have learned by students in madrasah ibtidaiyah / primary school. From the interviews conducted by researchers say material in textbooks not complete .Based on data from last year , from 25 students his class , 14 students who received the values below ketuntasan at least criteria. The development of aims to produce a medium module subjects moral moral not matter reprehensible to god ( riya and nifaq ) class vii-a mts .Al-abror , measuring appropriateness and effectiveness of media module module. The method used is development model of addie. In the implementation of the trial was done some steps, namely: review in the matter, media experts, the trial individuals, the trial small group and trial large groups.Data collection techniques used interview structured, the questionnaire and test. The results of the trial of a poll products to the students class vii a in mts .Al-abror sidoarjo , we can conclude that: ( a ) based on the percentage of the trial of individuals 89,74 % ( very good ) , ( b ) test the results of the percentage of clusters of small 94,87 % ( very good ) .With the result , media this module fit for use .In addition with the result of reckoning comparisons between pretest and posttest executed is t hitung larger than t tabel 32,58 > 2,064. This indicates that module subjects akidah their attitude reprehensible matter their attitude to god ( riya and nifaq ) effective in increasing student learning outcomes.

Keywords: development, module, ADDIE






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.