PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS TENTANG PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS II SDN LIDAH WETAN IV SURABAYA

RADIANUR ARIF

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan puzzle yang dapat digunakan siswa untuk mempermudah siswa dalam belajaran kosakata Bahasa Inggris dan media pembelajaran yang bisa digunakan dengan layak dan efektif di dalam kelas maupun di luar kelas.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D yang di dalam model ini terdapat langkah-langkah yang lebih sistematis dan tepat yang akurat dengan desain uji cobanya. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang masalah pembelajaran yang terjadi di SDN Lidah Wetan IV Surabaya, angket digunakan untuk mendapatkan data variabel yang dijadiakan sasaran dan merumuskan tujuan yang akan dicapai dan tes digunakan untuk mengukur hasil dari kemampuan siswa setelah menggunakan media dan sebelum menggunakan media apa ada penikatan kemampuan siswa dalam menghapal atau memahami kosakata bahasan inggris. Teknik analisis data menggunakan wawancara dan menggunakan rumus uji U.

Berdasarkan hasil uji coba per orangan, kelompok kecil dan kelompok besar menunjukan bahwa media permainan puzzle layak digunakan pada pelajaran bahasa inggris tentang kosakata. Dari hasil pre-test dan post-test diperoleh harga U hitung lebih kecil dari U table ( 55,5< 61 ). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media permainan puzzle sudah efektif dan layak dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris siswa kelas II SDN Lidah Wetan IV Surabaya.

Kata kunci : Pembelajaran kosakata Bahasa Inggris, media permainan puzzle






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.