PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI GERAK PADA BENDA UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH 1 TAMAN SIDOARJO

SUGENG SETIAWAN

Abstract


Terdapat tiga rumusan masalah pada penelitan ini yaitu (1) diperlukan pengembangan Media Computer Assisted Instruction (CAI), (2) diperlukan uji kelayakan, dan (3) diperlukan uji efektifitas materi gerak pada benda untuk siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah I Taman Sidoarjo. Pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media Computer Assisted Instruction (CAI) mata pelajaran IPA pada materi gerak pada benda media CAI untuk siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. (2) menguji kelayakan media CAI yang dikembangkan, (3) mengetahui efektifitas media CAI yang telah dikembangkan. Spesifikasi produk yang dihasilkan yaitu media CAI dikemas dalam CD dengan menggunakan format simulasi dan tutorial, di dalamnya berisi materi gerak pada benda, bahan penyerta menggunakan ukuran A5. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 langkah yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, 26 siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Taman, 3 siswa untuk uji coba perseorangan, 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 26 siswa untuk uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket dan tes. Hasil instrumen wawancara dan angket dianalisis menggunakan rumus presentase, sedangkan hasil tes siswa dengan one group pre test post test design dihitung menggunakan uji t. Berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh nilai aspek estetika sebesar 100% dan aspek teknik pembuatan sebesar 75%, validasi ahli materi diperoleh nilai aspek edukatif sebesar 100% dan aspek teknik pembuatan sebesar 100%, uji coba perseorangan aspek edukatif mendapatkan nilai 100%, aspek estetika sebesar 90,48%, dan aspek teknik pembuatan sebesar 66,67%, uji coba kelompok kecil aspek edukatif mendapatkan nilai sebesar 100%, aspek estetika sebesar 92,06% dan aspek teknik pembuatan sebesar 77,78%, uji coba kelompok besar aspek edukatif sebesar 98,07%, aspek estetika sebesar 91,2%, dan aspek teknik pembuatan sebesar 92,3%, maka dapat disimpulkan bahwa media Computer Assisted Instruction (CAI) layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa yang dihitung dengan uji t diperoleh t hitung sebesar 16,007 dengan taraf signifikansi sebesar 5% db=27-1 = 26 diperoleh harga t tabel sebesar 1,71, sehingga t hitung lebih besar dari t tabel (16,007>1,71). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media CAI terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: Pengembangan, Media CAI, Computer Assisted Instruction, Gerak Pada Benda, Gerak Lurus Beraturan, Gerak Lurus Berubah Beraturan

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.