PEMANFAATAN MEDIA LEMPAR PANAH INTERAKTIF PADA PESERTA DIKLAT KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS (KA.UPT) PROGRAM KAMPUNG KB SE-JAWA TIMUR DI BKKBN PROV. JAWA TIMUR

AJENG MERLIYANI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan hasil belajar suatu pembelajaran dengan memanfaatkan media lempar panah interaktif., media yang merupakan media interaktif terhadap pemahaman peserta diklat program kampung KB pada mata diklat Rencana operasional kampung KB sub diklat KB dan KS untuk mengetahui proses pembelajaran dengan memanfaatkan media untuk peningkatan hasil belajar peserta diklat kepala unit pelaksana teknis (KA.UPT) Se-Jawa Timur. Subjek penelitian berjumlah masing-masing 30 peserta diklat untuk kelas kontrol dan eksperimen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian digunakan yaitu True Experimen design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan test. Pada hasil analisis observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa proses pemanfaatan media lempar panah interaktif diperoleh hasil perhitungan nilai 77,78%, sehingga hasil tersebut dikonsultasikan dengan criteria maka dinyatakan dalam kategori kuat. Padahasil uji tes diperoleh hasil signifikan anatara post-test pada kelompok control dan kelompok eksperimen dapat dibuktikan dengan uji-t dengan taraf signifikan 5% ( = 2,00 dan =5,507 ) sehingga didapat data 2.00 ≤ 5,507 ≤ 2.00 maka Ho ditolak dan Ha Diterima diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan anatara pemanfaatan media lempar panah inetraktif terhadap hasil belajar peserta diklat kepala unit pelaksanaan teknis (Ka. UPT) Program kampung KB Se-Jawa Timur di BKKBN provinsi JawaTimur.

Kata Kunci: media pembelajaran, Pemanfaatan media Lempar panah interaktif, Dartgames, hasil belajar gamifikasi, Pelatihan, BKKBN.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.